Contoh Islam Indonesia

Yang manakah yang merupakan contoh konkrit Islam Indonesia: FPI, JIL, NU atau Muhammadiyah?

Contoh konkrit Islam Indonesia ialah NU dan Muhammadiyah. Menganut Islam moderat, inklusif, non-radikal, menggunakan cara-cara persuasif dan elegan dalam berdakwah. Cara ini yang dianjurkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Posted on October 10, 2014 .

Pola Pikir Fiqih dan Radikalisme

Seberapa besar pengaruh pola fikir fiqih dalam kemunculan radikalisme Islam? 

Pola fikir fiqih biasanya sangat berorientasi kepada pandangan yang legalistik formal, atau selalu mengacu kepada hukum (haram dan halal). Sebaliknya pengaruh pola fikir tasawuf lebih mengarah kepada subtansi dan semangat ajaran Islam. Jelas, radikalisme lebih dekat kepada pola fikir fiqih ketimbang pola fikir tasawwuf.

Posted on October 10, 2014 .

Hubungan Nabi dan Raja Negus

Pengikut Nabi Muhammad SAW yang terpaksa meninggalkan Makkah untuk menghindari penganiyaan bangsanya sendiri (Arab Jahiliyah) berhijrah ke negeri lain, Eithopia. Di sana mereka diterima dengan baik oleh Raja Negus (Najashi) yang beragama Kristen. Pelajaran apa yang dapat dipetik dari peristiwa tersebut?

Hijrah pengikut nabi Muhammad SAW ke Ethopia harus tetap menjadi pelajaran dan kenangan indah betapa hubungan umat Islam (yang pada waktu itu tertekan) dengan Raja Negus (Kristen), agar kita tetap dapat wujudkan dan  lestarikan hubungan harmonis dan saling membantu karena  menurut Alquran komunitas Yahudi dan Kristen adalah ahlulkitab. Ahl artinya keluarga yang maksudnya: sama-sama mendapatkan kitab suci.

 

Posted on October 10, 2014 .

Kelompok Radikal dari Timur Tengah

Kenapa kelompok seperti Al-Qaeda, ISIS, Hamas dll mayoritas muncul dari Timur Tengah?

Kelompok-kelompok garis keras/radikal tidak hanya bersumber dari Timur Tengah, dan tidak hanya dari golongan Islam saja. Di semua komunitas agama ada yang radikal. Namun memang pengaruh ajaran dan ideologi telah membawa banyak orang ke radikalisme. Untuk itu ajaran Islam moderat dan sejuk (ummatan washatan) harus tetap kita promosikan dan sebarluaskan di tanah air.

 

Posted on October 10, 2014 .

Tata Negara ala Nabi

Bagaimana cara Nabi bertatanegara? Apakah Nabi menyuruh sistem khilafah?

Islam mengajarkan, dalam bernegara hendaknya megikuti prinsip musyawarah (wa shawirhum fil amri;  wa amruhum syuraa baynahum). Hasil musyawarah itulah yang menjadi patokan. Di Indonesia, hasil musyawarah kita adalah kesepakatan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara kita.   


 

 

Posted on October 10, 2014 .

Hubungan Indonesia-Israel

Apa komentar Pak Alwi tentang rencana Gus Dur yang akan membuka hubungan Indonesia-Israel?

Perlu diingat bahwa Gus Dur hanya berencana membuka Misi Dagang Israel bukan membuka hubungan diplomatik. Tujuan Gus Dur untuk memotivasi dunia Barat berinvestasi di Indonesia untuk kepentingan ekonomi nasional. Mengingat kuatnya lobi Yahudi di USA dan Eropa. Apalagi saat itu Presiden Amerika, Clinton dikenal sangat bersimpati kepada Israel. Menteri luar negeri Clinton, Madlin Albright dan dubes PBB-nya Mr.Brook adalah keturunan Yahudi.  

 

Posted on October 7, 2014 .

Memaknai Pluralisme

Apa pendapat Prof dengan keputusan MUI yang mengharamkan pluralisme? 

Sebelum menyatakan pluralisme haram atau halal, hendaknya kita sepakat dulu arti dan definisi pluralisme itu sendiri. Apa yang MUI jadikan landasan fatwanya berbeda dengan definisi serta landasan sebagian ulama lainnya. Lebih lanjut Anda bisa baca penjelasan pluralisme dalam buku saya Islam Inklusif.

 

Posted on October 7, 2014 .

Anak Muda dan Radikalisme

Bagaimana cara membentengi anak muda dari radikalisme (ISIS, dll)?  

Cara membentengi anak muda dari segala bentuk ideologi  radikalisme (seperti ISIS)  yang mengancam keutuhan, persatuan dan budaya toleransi adalah melalui pendidikan. Radikalisme dan ekstrimisme bisa memengaruhi pemuda yang ikut dalam arus fanatisme karena ketidaktahuan atau karena kebodohan. Pemuda harus banyak membaca dan meningkatkan pengetahuannya agar tidak menjadi pengikut buta.

 

Posted on October 7, 2014 .

Antara ISIS dan surat Al Anfal ayat 12

Mohon pencerahannya tentang surat Al Anfal ayat 12 yang oleh seorang rekan dianggap sebagai jastifikasi terhadap tindakan ISIS?

Ayat ini berhubungan dengan perang Badar. Kalau ISIS berpegang pada ayat ini maka tidak tepat. Perang Badar adalah perang antara muslim-musyrik. Sedangkan ISIS melancarkan perang tidak hanya kepada orang kafir, tetapi juga kepada sesama muslim yang tidak sealiran dengan mereka.Sebagai tambahn, ayat tersebut merupakan dukungn Tuhan terhadap pasukan Islam, mengingat jumlah pasukan musyrik sebanyak 3 kali lipat jumlah pasukan Islam pada perang Badar.

Posted on October 7, 2014 .

Masa Depan Pluralisme

Hubungan negatif Islam-Kristen terjadi sejak zaman dulu kala. Bahkan, Karen Armstrong menyebut hubungan renggang ini dimulai sejak kekuasaan Islam di Spanyol dan berlangsung hingga sekarang. Apakah kampanye toleransi atau pluralisme nampak terkesan tak ada harapan?

Pada dasarnya hubungan komunitas Islam dan Komunitas Kristen mengalami pasang surut, namun benar bahwa hubungan tersebut didominasi oleh hubungan ketegangan dan permusuhan apalagi di masa Perang Salib dan ekspansi Islam di Eropa. Namun sejak tahun 60an setelah diterbitkannya kansili Vatikan 2, hubungan tersebut sedikit mencair dan mengarah kepada dialog konstruktif. Untuk itu kampanye toleransi dan pluralisme harus senantiasa digalakkan.

 

Posted on October 7, 2014 .