Idul Adha, Alwi Shihab Ajak Umat Hormati Perbedaan

BzLjEYoCUAAzX_A.jpg

Jakarta - Mantan menteri luar negeri Alwi Shihab yang menjadi khatib dalam salat Idul Adha 1435 Hijriah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, mengajak umat Islam untuk menghormati perbedaan di masyarakat.

"Sebagai kelompok masyarakat muslim, kita tidak boleh memiliki sifat ingin menang sendiri di hadapan kelompok lain. Mencurigai kelompok lain dan memata-matainya untuk menjatuhkannya adalah perilaku yg dikejam agama," kata Alwi, dalam khotbahnya di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu (5/10).

Hadir dalam salat tersebut wakil presiden terpilih Jusuf Kalla, pendiri Bosowa Corporation Aksa Mahmud yang juga ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa.

Alwi di hadapan sekitar 10 ribu orang jemaah mengingatkan, Islam mengajarkan bahwa seluruh kaum beriman semuanya bersaudara.

"Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita temui alangkah jauh ajaran dengan yang kita saksikan dengan bertebarannya kelompol muslim radikal ekstrimis yang mengatasnamakan Islam, namun justru mencederai ajaran yang luhur. Kelompok yang bertindak bagaikan Tuhan yang memastikan siapa penghuni surga dan neraka, merampas prerogatif Tuhan untuk menentukan nasib hamba-Nya," ujar Alwi.

Padahal, menurut Alwi, kelompok yang bahkan merasa paling benar itu malah merusak citra Islam sebagai agama rahmatan lil alamin.

"Pada dasarnya Islam mengajarkan kita untuk saling hormat-menghormati, berinteraksi secara positif dan saling berlomba untuk mencapai kebaikan bagi manusia, dengan kata lain perbedaan adalah keniscayaan," ujar Alwi.

"Pada hari raya penyempurnaan agama ini, mari kita berintrospeksi, mari meneliti kembali bagaimana keberagaman kita, mari kita memperbaharui iman, dan memperbaiki sikap," ujar Alwi.

Penulis: /LIS
Sumber: Berita Satu

Posted on October 5, 2014 .