Alwi Shihab: Keislaman Indonesia tidak Radikal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Cendikiawan Muslim Alwi Shihab mengatakan, negara lain tak melihat masyarakat Islam di Indonesia sebagai penganut Islam radikal.

"Dunia luar lihat pemahaman keislaman orang Indonesia adalah Islam tidak radikal, hormati perbedaan, toleran, hargai perempuan, dan beri tempat layak pada wanita," kata Alwi melalui akun Twitter pribadinya @ShihabAlwi, Selasa (14/4).

Mantan Menteri Luar Negeri yang saat ini menjadi utusan Presiden RI untuk urusan Timur Tengah ini menyebut, negara luar sangat menginginkan agar Islam Indonesia agar menjadi pelopor pemahaman Islam yang dapat diterima secara universal. 

Sebab itu, negara dengan mayoritas Muslim lain, kata Alwi harus banyak belajar dari Indonesia mengenai pola hidup yang terbuka terhadap perbedaan dan keberagaman.

"Berbeda dengan beberapa negara timteng, Asia Selatan, sehingga RI diharapkn jadi pelopor pemahaman Islam yang diterima secara universal dan jadi contoh negara muslim lainnya," ujar Alwi

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/04/14/nms8yq-alwi-shihab-keislaman-indonesia-tidak-radikal

Posted on April 15, 2015 .