Ke Timur Tengah, Presiden Jokowi Bahas Perlindungan TKI

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan fokus membahas perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) selama lawatannya ke Timur Tengah. Kunjungan kerja Presiden berlangsung lima hari dengan rute Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Perlindungan WNI akan menjadi fokus kunjungan ini dan pemerintah akan dorong ketiga negara terus memberikan perhatian dan perlindungan kepada TKI," kata Presiden di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2015).

Menurut Presiden, pembahasan mengenai perlindungan TKI sangat penting karena setidaknya 1,3 juta TKI berada di Timur Tengah per akhir 2014. Arab Saudi menampung 1,01 juta TKI, disusul Uni Emirat Arab sebesar 114.000 orang, Yordania 48.000 orang, Oman 33.000 orang dan Qatar 28.000 orang. Sisanya di Kuwait, Bahrain, Sudan dan negara lainnya.

"Jumlah WNI di ketiga negara tersebut mencapai 1,4 juta orang yang sebagian besar TKI sektor informal," ujarnya.


Selama kunjungan tersebut, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Salman bin Abdulazis di Jeddah, Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan di Abu Dhabi, dan Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Emir Negara Qatar, di Doha.

Adapun menteri dan pejabat yang ikut dalam rombongan Presiden adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala BKPM Franky Sibarani, dan Utusan Khusus Presiden Kawasan Timur Tengah Alwi Shihab. 
TRK

Posted on September 11, 2015 .