UKPTTOKI Dr. Alwi Sihab memberi sambutan pada peluncuran Program Pengembangan dalam kerangka kerjasama Pembangunan Ekspor Kopi.

Pada kesempatan pertemuana Asosiasi kopi seluruh indonesia di hotel JW marriot (jakart, 5/8/2016),  UKPTTOKI, Dr Alwi Shihab didampingi Asisten Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Teknis UKPTTOKI Moehammad Amar Ma’ruf menghadri promosi program peluncuran ekspor kopi, dalam acara tersebut, Dr Alwi Shihab menyampaikan sambutanya untuk menjembatani langkah peluncuran ekspor kopi.

Seperti yang kita ketahui, “Indonesia adalah Negara produsen kopi terbesar di dunia, ini merupakan kesempatan bagi pelaku bisnis kopi Indonesia dan peluang bagi stakeholder luar negeri untukmembangun jaringan kerjasama yang berbasis Business to Business (B2B)”.

‘‘tentu, dalam pengembangannya, ukm indonesia juga memerlukan dukunganinvestasi yang cukup untukmempercepat realisasi pengembangan produk unggulan indonesia yaitu kopi”, nantinya investasi tersebut akan diarahkan langsung untuk membantu pembiayaan perdagangan,serta investasi pembiayaan alat produksi, tegas Dr Alwi Shihab.

Oleh sebab itu, dukungan penuh harus kita dorong bersama untuk realisasinya, dengan kerjasama kemitraan seperti International Trade Finance Corporation (ITFC), maupun islamic development bank (IDB), yang dapat dipotimalkan untuk meningkatkan kapasitas produksi UKM Indonesia, sehinnga investasi yang masuk akan mebawa keuntungan bagi kita bersama.

Di tempat yang sama, UKP TTOKI, Alwi Shihab juga menyampaikan, “dengan adanya peluang ini, komitmen kerjasama ini harus kita jalankan semaksimal mungkin, mengingat bahwa keberadaan kantor perwakilan CGO IBD di Indonesia, serta upaya ini berdasarkan langkah pencapaian member country strategic partnership 2015-2019 ke 2”.

Seperti yang kita ketahui juga, ITFC merupakan badan entitas dalam Grup Bank Pembangunan Islam (IDB) yang didirikan sejak Januari 2008, hal ini merupakan langkah mewujudkan kemajuan perdagangan dan meningkatkan kondisi ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di dunia Islam. Kemudian, mengenai IDB Member Country Partnership Strategy (MCPS) 2015-2019 merupakan langkah pembangunan bersama dalam beberapa tujuan, antara lain mendukung pengembangan keuangan syariah di Indonesia, mendorong pengentasan kemiskinan dengan menggunakan dana zakat dan wakaf, mendukung langkah pengembangan Public Private Partnership (PPP), serta memajukan kegiatan pelaku usaha.

Posted on August 9, 2016 .