Talk Show Indonesia Expo, Menembus Pasar Arab Saudi dan Timur Tengah

Ukpttoki.id  – Kerjasama Indonesia dan Arab Saudi semakin baik dan terusberkembang. Khususnya dalam bidang pariwisata dan ekspor impor dari Indonesia ke Arab Saudi dan sebaliknya. Serta peningkatan nilai investasi dari Arab Saudi yang terus berkembang di Indonesia.

Talk Show bertajuk Indonesia Expo, Menembus Pasar Arab Saudi dan Timur Tengah membahas mengenai investasi yang dapat dilakukan dua negara.

Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama Bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi juga menyampaikan bahwa minyak, karet, beras menjadi hal utama dikirim Arab Saudi ke Indonesia. Selain investasi ekspor impor, sektor pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan.

Sekitar lebih dari satu juta warga Indonesia berkunjung ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji, umroh, dan sebagainya. Jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat.

Ia memperkirakan bahwa jumlah warga Arab Saudi yang mengunjungi Indonesia akan mencapai 200 ribu. Selain itu, Osama berharap akan ada promosi yang lebih baik lagi. Selama ini kebanyakan warga Arab Saudi hanya tahu Jakarta dan Puncak Bogor jika menyambangi Indonesia.

Alwi Shihab sangat berharap  dengan akan dibukan Indonesia Expo di Jeddah nanti pada 28 November s.d 1 Desember 2018 nanti akan digelar di International Convention Hall, diharapkan masyarakat Arab Saudi lebih banyak berkunjung ke Indonesia. Menurutnya sebanyak satu juta rakyat Indonesia dalam waktu satu tahun berkunjung ke Arab Saudi untuk umroh. Sebaliknya, sangat sedikit sekali orang saudi ke Indonesia.

“Orang Arab Saudi hanya mengenal Danau Toba dan Lombok. Jadi promosi harus gencar,”katanya.

Meski itu Duta Besar Arab Saudi Osama Bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengungkapkan bahwa Indonesia itu negeri yang indah.

“Tadinya orang saudi berpikir bahwa Indonesia negeri yang tidak bagus untuk dikunjungi. Namun, saat berkunjung ke Indonesia mereka kaget, tidak pernah membayangkan bahwa Indonesia begitu indah.

Sebagaimana harapan dalam rencana Ekspo nanti, Alwi Shihab sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) menyebutkan perlu dukungan pemerintah Arab Saudi dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia.

“Saya jadi teringat janji Raja Salman saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Bahwa akan menyuntik tambahan dana khusus untuk pariwisata,”katanya.

Alwi menargetkan dengan hasil Ekspo di Jeddah nanti pada 28 November s.d 1 Desember nanti dapat meraih 200 ribu wisatawan.

Posted on August 10, 2018 .